Klenteng Hong Tiek Hian
  • Jawa Timur, Surabaya
  • 7 Hour (s) 0 Minute (s)
Klenteng Hong Tiek Hian ini sudah berdiri selama ratusan tahun dan merupakan klenteng tertua di Surabaya. Konon, klenteng ini dibangun oleh pasukan Tar-Tar pada awal Kerajaan Majapahit berdiri. Terletak di Jalan Dukuh, Surabaya Utara, Klenteng Hong Tiek Hian ini tak jauh dari kawasan legendaris Surabaya, Jembatan Merah. Di dalam Klenteng Hong Tiek Hian ini terdapat 2 arca dewa yang berada di sisi gerbang masuk menuju klenteng. Tidak hanya itu, di salah satu sisinya pun terdapat tulisan dengan huruf Chinan serta ornamen sepasang naga emas. Hal ini tentunya memiliki nilai religius tersendiri bagi masyarakat Tionghoa. Klenteng Hong Tiek Hian ini juga memiliki gaya arsitektur yang khas Tionghoa dimana didalamnya juga terdapat beberapa jenis altar yaitu seperti altar Dewi Khan In, altar Kong Co dan Mak Co. Klenteng Hong Tiek Hian ini terletak di Jalan Dukuh, Nyampulungan, Surabaya.
Klenteng Hong Tiek Hian ini pun juga selalu menyuguhkan Wayang Potehi yang merupakan pertunjukkan wayang khas masyarakat Tionghoa. Dan ketika para traveller mengunjungi Klenteng Hong Tiek Hian ini kalian juga bisa ke obyek wisata lain yang berada di sekitar Klenteng Hong Tiek Hian ini adalah Pasar Pabean, Masjid Ampel, Pasar atom, Museum Sampoerna, dan juga jembatan suramadu.

Schedule Information

Monday

00:00 - 23:59

Tuesday

00:00 - 23:59

Wednesday

00:00 - 23:59

Thursday

00:00 - 23:59

Friday

00:00 - 23:59

Saturday

00:00 - 23:59

Sunday

00:00 - 23:59

Location

Travel Tips

  • How to get there?

    Akses menuju Klenteng Hong Tiek Hian ini dapat menggunakan kendaraan pribadi. Hanya saja karena lokasi Jalan Dukuh yang cukup sempir makan sebaiknya menggunakan kendaraan umum sebab area parkir di Klenteng Hong Tiek Hian ini pun tidak begitu luas.

    Tips
    Saat mengunjungi Kampung China ataupun tempat ramai lainnya harap para traveller selalu mengecek barang bawaan kalian agar tidak tertinggal ataupun hilang.